Bebas Jerawat Berkat Suntik KB, Cari Tahu Caranya!


Kunyit

Berencana Squad, kamu mungkin sering mendengar kalau suntik KB memengaruhi hormon, sehingga dikhawatirkan bikin kulit jadi jerawatan. Tapi kira-kira ini bener atau nggak ya? Ini dia nih penjelasannya…

Di kalangan awam suntik KB seringkali ditakutkan memiliki efek samping berupa munculnya jerawat. Nyatanya, ini nggak benar. Jerawat disebabkan oleh hormon yang memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum. Jika kamu termasuk orang yang rajin menggunakan pembersih wajah dan beragam produk skincare yang lagi hits, kamu mungkin sudah sangat familiar dengan istilah ‘sebum’. Sebum merupakan cairan sejenis minyak dengan warna kekuningan yang berfungsi untuk melembabkan serta membantu menjaga kebersihan kulit dengan mengeluarkan kotoran dari pori-pori. Namun, jika produksi sebum terlalu banyak dan pori-pori kulit sampai terblokir, bisa timbul jerawat. Nah, dengan suntik KB akan membantu mengatur keseimbangan hormon yang memproduksi minyak kulit dan sebum di wajah. Hasilnya, kulit kamu justru akan menjadi lebih sehat dan mulus. Resiko munculnya jerawat juga tentunya lebih rendah.

Jadi, nggak perlu takut jerawatan kalau kamu sedang mempertimbangkan untuk menggunakan suntik KB. Justru dengan suntik KB, kulit kamu bisa tambah mulus. Selain itu, bersamaan dengan penggunaan suntik KB, masih ada beberapa hal lain yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulitmu, antara lain:

  • Rajin mencuci muka.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin E serta mengurangi makanan manis dengan kandungan karbohidrat yang tinggi.
  • Menggunakan tabir surya saat akan bepergian keluar rumah. Pilihlah yang bahannya bebas minyak.
  • Sering relaksasi agak terhindar dari stres. Ini karena tingkat stres yang berlebihan dapat mengakibatkan munculnya jerawat.
  • Kalau kamu termasuk tipe orang yang sering menggunakan make-up serta produk skincare, pastikan bahwa kandungan produk-produk tersebut memang sesuai dengan kondisi kulitmu. Selain itu, jagalah agar alat-alat seperti kuas, beauty blender, facial massager, dan sebagainya senantiasa dalam keadaan bersih dan higienis.

Gimana, Berencana Squad? Semoga dengan penjelasan di atas, kamu jadi lebih siap untuk #TakeCTRL kesehatan kulit kamu ya.. Jika kamu masih mengalami masalah dengan kondisi kulitmu, konsultasikanlah dengan seorang dermatologis agar kamu bisa mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan treatment yang memang sesuai dengan kebutuhanmu.

KOMENTAR




RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: