Ini Dia yang Perlu Kamu Tau Mengenai Kontrasepsi Oral!


Kunyit

Berencana Squad, kamu pernah nggak sih mendengar istilah kontrasepsi oral? Meskipun sekilas istilah ini terdengar asing bagi kamu, sebenarnya kontrasepsi oral adalah nama lain yang sering digunakan untuk pil KB. Istilah ‘oral’ sendiri maksudnya adalah dikonsumsi melalui mulut. Pil tersebut diminum sehari sekali pada jam yang sama setiap harinya. Lalu bagaimana cara kerjanya? Cara kerjanya adalah dengan mencegah pertemuan sel telur dengan sperma dengan menunda proses pematangan sel telur dan mengentalkan lendir leher rahim sehingga nantinya akan sulit dilalui oleh sperma. Inilah alasan mengapa kontrasepsi oral dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. 

 

Nah, Berencana Squad, kamu tahu nggak jenis-jenis kontrasepsi oral yang beredar di pasaran? Ada dua jenis kontrasepsi oral, yakni pil KB yang hanya mengandung hormon progesteron (pil mini) dan pil KB kombinasi yang mengandung hormon progesteron dan estrogen. Keduanya sama-sama memiliki efektivitas hingga 99% jika diminum secara tepat. Akan tetapi, keduanya tidak dapat melindungi kamu dari infeksi menular seksual apa pun, baik dari seks vaginal, oral, maupun anal. 

 

Lalu, bagaimana caranya menentukan kamu butuh alat kontrasepsi yang mana? Berhubung setiap alat kontrasepsi fungsinya berbeda, sebaiknya kamu melakukan konseling terlebih dahulu ke bidan atau dokter sebelum menggunakan alat kontrasepsi untuk memastikan kecocokan dengan kondisi kesehatanmu. Soalnya, alat kontrasepsi yang cocok untuk satu orang belum tentu cocok untuk orang lain. Bisa saja, temanmu oke-oke saja dengan pil KB kombinasi, tetapi kamu sendiri sebenarnya lebih cocok dengan pil KB yang hanya mengandung progesteron. Bisa juga, ternyata kontrasepsi oral bukan pilihan yang tepat untukmu. Oleh karena itu, Berencana Squad, ingatlah untuk berkonsultasi terlebih dahulu, agar kamu pun lebih paham mengenai kebutuhanmu.

KOMENTAR




RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: