Penting Banget! 3 Alasan Kamu Wajib Ganti Pakaian Dalam Secara Rutin


Kunyit

Pertama, mengganti pakaian dalam merupakan kebiasaan yang baik untuk menjaga agar penis dan vagina tetap higienis. Jika kamu tidak mengganti pakaian dalam secara teratur, jamur dan bakteri dapat berkumpul dan menyebabkan rasa gatal pada kulit kamu. Apabila hal ini sampai terjadi, tentunya kamu akan merasa sangat tidak nyaman.

Kedua, memakai pakaian dalam yang sama dalam periode waktu yang berkepanjangan dapat meningkatkan resiko infeksi. Bakteri dari feses dapat berkembang pesat di lingkungan yang lembab, serta menyebar ke saluran kemih dan menyebabkan urinary tract infection (UTI) atau infeksi saluran kemih. Selain itu, ada pula resiko terkena candidiasis, yakni infeksi jamur candida. Candidiasis sangat rentan terjadi pada perempuan dewasa, di mana infeksi jamur pada vagina (yeast vaginitis) menyebabkan gatal-gatal, ruam-ruam merah, serta rasa nyeri. Candidiasis juga dapat terjadi pada laki-laki. Biasanya, gejalanya yaitu rasa gatal, perih, dan nyeri pada ujung penis. 

Ketiga, bau tidak sedap yang keluar dari penis atau vagina akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Hal ini bisa berdampak buruk terhadap rasa percaya diri kamu. Khususnya, jika kamu adalah seseorang yang aktif dan memiliki banyak kegiatan. 

Oleh karena itu, Berencana Squad, jadwalkan untuk rutin ganti pakaian dalam minimal 2-3 kali sehari atau kapanpun diperlukan khususnya ketika habis melakukan kegiatan yang berkeringat. Yuk, jaga kesehatan dengan jaga kebersihan organ reproduksi kamu! 

KOMENTAR




RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: