Remaja Wajib Punya Sexual Assertiveness! Apa Sih Maksudnya?


Kunyit

Sexual assertiveness, atau ketegasan seksual, merupakan kemampuan seseorang untuk bisa membuat keputusan secara aktif terkait kehidupan seksualnya serta nyaman dalam menyatakan keinginan-keinginannya. Lalu apa aja manfaatnya untuk diri kalian? Manfaatnya yaitu  kamu akan memiliki kontrol terhadap kehidupan seksual kamu, menjadi lebih percaya diri, serta bisa menghindari resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam hubungan seksual.

Seperti apa sih perilaku asertif yang dimaksud? Ini beberapa contoh yang bisa kamu terapkan:

  • Kamu memahami hak-hak pribadi di ranah seksual. Tindakan seksual apapun yang dilakukan pasanganmu, kamu punya hak untuk menolak. Meskipun cuma sentuhan. Pokoknya kalau kamu tidak merasa nyaman, it’s okay to say no.
  • Sadar akan kalimat-kalimat terselubung yang sebenarnya merupakan bentuk paksaan. Contohnya:

-“Sayang banget kamu nggak mau nyoba, padahal kamu pasti bakal enjoy lho.”

-”Yah, kok nolak sih.. kamu nggak kasian sama aku yang udah terlanjur kepengen?”

-“Ih norak banget sih kamu, masa’ takut? Padahal buat pasangan lain itu biasa, tau.”

  • Membuat kebijakan sendiri mengenai kehidupan seks. Untuk ini, kamu perlu menetapkan nilai-nilai kamu sendiri. Apakah kamu ingin berhubungan seks sebelum menikah? Apakah kamu berhubungan seks untuk sekadar bersenang-senang? Apapun itu, tetapkan nilai-nilaimu sendiri sesuai dengan apa yang membuat kamu nyaman.
  • Menghindari situasi beresiko. Jika kamu ingin pergi karaoke bersama teman-teman sekelasmu untuk menikmati weekend, pergilah ke tempat karaoke keluarga. Hindari tempat yang remang-remang. Pilih baik-baik teman yang dapat percaya.
  • Mengapresiasi diri sendiri atas ketegasan seksualmu. Jika kamu sudah berhasil asertif, berikan hadiah untuk dirimu sendiri. Misalnya, kamu bisa mentraktir diri sendiri makan es krim, atau membeli sesuatu yang sudah lama kamu inginkan. You did it! Congratulations!

Ingat, Berencana Squad, intinya adalah kamu punya hak untuk menentukan sendiri apa yang terjadi pada tubuh kamu. Nggak ada yang berhak memaksa kamu atau membuat kamu merasa nggak nyaman karena menolak. Yuk, #TakeCTRL kehidupan seksual kamu!

KOMENTAR




RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: