Wajib Tau! Cara Jitu Nyari Uang Jajan Tanpa Ganggu Pelajaran


Kunyit

Yang namanya kehidupan pelajar memang terkadang penuh tantangan. Di satu sisi kamu mesti fokus di kelas agar nilai nggak jeblok saat ujian. Di sisi lain, aktivitas kamu padat banget, dan duit yang kamu keluarkan buat ekskul, jajan, dan hangout juga nggak sedikit. Nggak perlu puyeng, berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang jajan tambahan tanpa mengorbankan banyak waktu belajar:

  • Membuat jadwal dan mengalokasikan waktu untuk mengambil kerja sampingan.
  • Mengajarkan les privat untuk adik kelas. Manfaatkan kelebihanmu. Jika kamu pintar matematika, ubahlah kelebihanmu menjadi peluang untuk mendapatkan uang tambahan.
  • Menjual pernak-pernik handmade alias kerajinan tangan. Ini bisa berupa karya seni seperti lukisan, kartu ucapan, atau bahkan buku notes yang kamu desain dan cetak sendiri.
  • Ikut program magang saat sedang liburan. Carilah informasi mengenai peluang kerja di perusahaan-perusahaan yang berlokasi di sekitar tempat tinggalmu. Siapa tau ada yang menyediakan kesempatan magang berbayar selama 1-2 bulan. 
  • Menjual barang bekas. Barang yang masih berfungsi namun sudah nggak kamu gunakan lagi biasanya masih bisa menghasilkan uang asalkan kamu paham strategi menjualnya. Kalau perlu, kamu bisa membuka online shop untuk menjual barang-barang preloved-mu.
  • Mengikuti perlombaan sesuai dengan bakatmu. Kalau kamu ternyata punya bakat dalam bidang tertentu, nggak ada salahnya melatih kemampuan tersebut lebih jauh lagi dengan mendaftarkan diri dalam sebuah kompetisi.
  • Menjadi pengisi acara. Kalau kamu jago berbicara di depan umum, kamu bisa menawarkan diri untuk menjadi MC atau moderator. Jika kamu punya skill bermain gitar, drum, atau keyboard, kamu mungkin bisa tampil dalam event-event di sekitarmu. 
  • Mencari peluang melalui ekskul. Misalnya, kalau kamu ikut ekskul bela diri dan kamu sudah cukup mahir, mungkin kamu bisa menawarkan anggota ekskul lainnya untuk berlatih bersama kamu dengan biaya yang nggak terlalu mahal. Strategi yang sama juga bisa kamu terapkan untuk ekskul-ekskul lainnya.

Berencana Squad, ada banyak strategi lain yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan uang tambahan. Yang terpenting adalah kamu bisa membagi waktu dengan bijak serta menetapkan prioritas. Setelah mendapatkan uang tambahan, jangan lupa mengalokasikan sebagian pendapatanmu sebagai uang tabungan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

KOMENTAR




RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: