IUD


alat kontrasepsi

Adalah kontrasepsi berbentuk T yang ditaruh di dalam rahim untuk mengacaukan cara kerja sperma sehingga dapat mencegah pembuahan sel telur. IUD atau yang sering disebut spiral, dapat memberikan perlindungan dari kehamilan selama bertahun-tahun, antara 4, 5, hingga 10 tahun tergantung pada tipe IUD apa yang dipakai. Ada beberapa jenis IUD yaitu Tcu 380 A, Silverline Cu 380 Ag, TCu 380 A Postpartum, Sleek Cu 375, Tcu 380 A Safe Load dan Silverline Cu 200 Ag.

Praktis dan perlindungannya jangka panjang.

Safe and Sound

IUD cocok bagi orang yang kurang disiplin dan sering lupa memakai kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, karena perlindungannya lama bahkan hingga 10 tahun. Tergantung IUD mana yang ingin dipakai.

Para dokter kandungan setuju bahwa mereka yang cocok memakai IUD adalah yang memiliki rahim dengan kondisi sehat. Bahkan, IUD direkomendasikan untuk digunakan pada perempuan muda dan belum pernah hamil. IUD juga tidak akan mempengaruhi kesuburan, dan pemakai IUD dapat langsung hamil kembali sesaat setelah melepaskan IUD-nya.

Pastikan konsultasi ke Dokter Kandungan atau Bidan sebelum menggunakan IUD.
Cara Menggunakan
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memasang IUD adalah konsultasi ke Dokter Kandungan atau Bidan. Mereka akan menanyakan berbagai pertanyaan tentang riwayat kesehatan dan gaya hidup kamu untuk memastikan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk menggunakan IUD.

Kemudian, Dokter atau Bidan akan memastikan kondisi kesehatanmu dan memasang IUD di rahim pada saat menstruari hari ketiga (idealnya), karena pada saat menstruasi rahim memiliki kondisi yang paling terbuka, sehingga mudah dipasang.

Sangat umum untuk merasakan sedikit kram ketika IUD dimasukkan ke rahim, tetapi Dokter atau Bidan akan memberikan resep obat pereda nyeri. Setelah IUD berada di rahim, akan ada tali kecil (string) yang menggantung di dalam vagina yang berguna untuk memudahkan pelepasan IUD.

Setelah selesai, cukup cek kondisi string secara berkala dari waktu ke waktu untuk memastikan IUD berada di tempatnya.
Efek Samping
Pendarahan pada saat menstruasi biasanya pada 3 bulan pertama pemakaian, kram dan spotting.

Positif Vs. Negatif Setiap metode kontrasepsi memiliki hal positif dan negatif yang berbeda-beda. Dan pengalaman yang dialami orang ketika menggunakan kontrasepsi akan berbeda dengan pengalaman orang lain. Jadi, apa yang kamu alami belum tentu sama dengan teman kamu lainnya.
POSITIF NEGATIF
Praktis dan mudah digunakan Bercak/ spotting pada menstruasi pertama setelah IUD dipasang
Perlindungan super tahan lama Kram dan sakit punggung (sementara)
Aman untuk perokok, penderita hipertensi dan diabetes
Dapat digunakan pada saat menyusui
Terjangkau

: IUD keluar, apa kemungkinan akan terjadi lagi?

IUD yang keluar atau expulsion dapat terjadi pada 2-10% perempuan di tahun pertama setelah pemasangan. Hal ini lebih gampang terjadi pada perempuan dengan kondisi:
Belum hamil Berumur kurang dari 20 tahun Mempunyai riwayat heavy menstrual bleeding atau menstruasi yang sangat berat dan sakit IUD dipasang pada posisi yang tidak tepat: peletakan di rahim terlalu rendah Jika ingin menggunakan IUD tetapi mengalami masalah ekspulsi, kamu dapat beralih ke metode jangka panjang lain, yaitu implan.


: Kontrasepsi mempengaruhi mood?

: Jika kamu merasa bahwa menggunakan kontrasepsi dapat mempengaruhi mood, saatnya kamu berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter Kandungan. Respon setiap orang terhadap metode kontrasepsi berbeda-beda, dan tenaga medis dapat membantu kamu untuk memutuskan metode kontrasepsi yang tepat untuk kamu gunakan.


: Melepaskan IUD sendiri tanpa bantuan tenaga medis?

Kecuali kamu sedang terdampar di pulau terpencil yang tidak memungkinkan untuk menjangkau tenaga medis, sangat disarankan untuk melepas IUD yang telah kamu pasang dengan bantuan tenaga medis. Selain lebih aman, mudah, dan lebih cepat, kamu juga bisa memilih untuk menggunakan metode kontrasepsi lainnya secara langsung.


: Spotting pada saat menggunakan IUD, perlukah khawatir?

: Spotting, dapat terjadi karena berbagai alasan, namun kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan mengurangi banyak darah. Konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter atau Bidan apabila kondisi berlanjut selama lebih dari tiga bulan.

: Takut pemasangan IUD akan sakit?

: Sakit pada saat pemasangan IUD berbeda-beda pada setiap orang. Bahkan beberapa orang tidak merasakan rasa sakit sama sekali pada saat pemasangan. Namun kamu bisa mengonsumsi ibuprofen sebelum pemasangan untuk mengurangi rasa sakit dan pastikan lakukan pemasangan pada saat rahim kondisi rahim sedang terbuka (menstruasi).

QUICK FACTS

IUD merupakan alat kontrasepsi yang mudah digunakan dan salah satu yang paling efektif di dunia.



Tingkat Efektifitas

99% efektif mencegah kehamilan.



Efek Samping

Pendarahan pada saat menstruasi biasanya pada 3 bulan pertama pemakaian, kram dan spotting.



#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: