Kontrasepsi Darurat


alat kontrasepsi

Kontrasepsi Darurat atau yang biasa disebut Kondar/Morning Pill/Postpil adalah kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan sesaat setelah melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan kontrasepsi. Kontrasepsi darurat dapat mencegah kehamilan sebelum terjadi, pil ini bukan pil aborsi dan tidak dapat menghentikan kehamilan apabila kehamilan telah terjadi.


Penyelamat yang praktis dan efektif

A Life Saviour

Jika lupa menggunakan kontrasepsi atau kondom pecah pada saat berhubungan, solusinya adalah kontrasepsi darurat. Kontrasepsi yang berbentuk pil ini memiliki kandungan hormon progestin berdosis tinggi, yang berfungsi untuk mencegah pelepasan sel telur dan mengentalkan lendir leher rahim sehingga menyulitkan sperma untuk masuk ke dalam rahim. Selain itu, kontrasepsi darurat juga sering digunakan untuk menanggulangi korban pemerkosaan atau kekerasan seksual.
Kontrasepsi Darurat memerlukan resep Dokter atau Bidan. Diminum 2 pil sekaligus dalam waktu 12 jam atau maksimal 120 jam atau 5 hari setelah berhubungan tanpa perlindungan alat kontrasepsi. Semakin cepat diminum, semakin tinggi tingkat efektivitasnya dalam mencegah kehamilan.
Efek Samping

Pusing dan mual

Positif Vs. Negatif Setiap metode kontrasepsi memiliki hal positif dan negatif yang berbeda-beda. Dan pengalaman yang dialami orang ketika menggunakan kontrasepsi akan berbeda dengan pengalaman orang lain. Jadi, apa yang kamu alami belum tentu sama dengan teman kamu lainnya.
POSITIF NEGATIF
Mudah digunakan Pusing dan mual
Menawarkan perlindungan yang cepat pada saat darurat

: Pusing setelah minum kontrasepsi darurat?

: Untuk mengurangi rasa mual dan pusing setelah minum kontrasepsi darurat, minum pada malam hari saat sebelum tidur. Atau dapat juga mengonsumsi obat anti mual seperti Dramamine satu jam setelah meminum kontrasepsi darurat.


: Kontrasepsi Darurat dapat digunakan untuk aborsi?

: Tidak benar. Apabila sudah terjadi kehamilan, Kontrasepsi Darurat tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan janin..


: Siapa saja yang membutuhkan Kontrasepsi Darurat?

Orang yang lupa menggunakan alat kontrasepsi, lupa minum Pil KB dua hari berturut-turut, terlambat suntik KB lebih dari tujuh hari, kondom bocor atau lepas, korban pemerkosaan (kurang dari 5 hari.


: Bolehkah minum Kontrasepsi Darurat setiap saat setelah berhubungan?

: Tidak. Kontrasepsi Darurat hanya diperuntukkan pada situasi darurat, dan tidak untuk digunakan secara berulang-ulang dan teratur.

: Dimana bisa mendapatkan Kontrasepsi Darurat?

: Mintalah resep ke Dokter atau Bidan agar dapat membeli Kontrasepsi Darurat di apotek.

QUICK FACTS

Hanya digunakan dalam kondisi darurat dan bukan sebagai pil aborsi



Tingkat Efektifitas

99% efektif mencegah kehamilan jika digunakan kurang dari 5 hari atau 120 jam setelah berhubungan



Efek Samping

Pusing dan mual



#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: