PIL KB


alat kontrasepsi

Pil KB atau yang disebut dengan kontrasepsi oral, merupakan metode kontrasepsi berbentuk pil yang cara mengkonsumsinya harus diminum sehari sekali pada jam yang sama setiap hari. Ada banyak jenis pil yang berbeda di pasaran, yang sebagian besar bekerja dengan melepaskan hormon yang membuat ovarium melepaskan telur, dan menebalkan dinding rahim serta membantu memblok sperma agar tidak sampai ke sel telur.

Pil KB memiliki dua jenis:

Pil KB Kombinasi, menggunakan gabungan dari estrogen dan progestin yang bekerja untuk tubuh dalam mencegah ovulasi. Pil KB Kombinasi terdiri dari tiga minggu Pil KB yang mengandung hormon dan satu minggu pil plasebo yang dikonsumsi selama masa menstruasi.

Pil KB Progestin, sering juga disebut pil mini, pil ini tidak memiliki kandungan estrogen di dalamnya dan sering diresepkan bagi perempuan yang tidak cocok dengan Pil KB kombinasi.

Menyeimbangkan hormon dan memiliki manfaat positif bagi kulit.
Cara Menggunakan
Harus Disiplin

Disiplin merupakan kunci pada saat mengonsumsi Pil KB, mengingat penggunaan pil ini harus dikonsumsi pada jam yang sama setiap harinya atau efektivitas akan berkurang.

Salah satu keunggulan dari Pil KB adalah dapat membuat menstruasi menjadi lebih lancar dan mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi.

Namun, beberapa orang justru tidak menstruasi sama sekali tapi kondisi tersebut terbilang masih aman dan tidak akan mempengaruhi kesehatan. Pil KB juga tidak cocok bagi perokok. Cukup hentikan penggunaan Pil KB beberapa hari ketika ingin
Pusing dan spotting

Positif Vs. Negatif
Setiap metode kontrasepsi memiliki hal positif dan negatif yang berbeda-beda. Dan pengalaman yang dialami orang ketika menggunakan kontrasepsi akan berbeda dengan pengalaman orang lain. Jadi, apa yang kamu alami belum tentu sama dengan teman kamu lainnya.
POSITIF NEGATIF
Mudah digunakan Pendarahan pada saat menstruasi pada 3 bulan pertama setelah mengonsumsi Pil KB
Meringankan rasa sakit pada saat menstruasi Mual dan pusing
Membantu mengurangi jerawat
Pil KB Kombinasi terkadang menawarkan beberapa manfaat lebih seperti mengurangi gejala anemia, dan mencegah kanker ovarium

: Kontrasepsi mempengaruhi mood?

: Jika kamu merasa bahwa menggunakan kontrasepsi dapat mempengaruhi mood, saatnya kamu berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter Kandungan. Respon setiap orang terhadap metode kontrasepsi berbeda-beda, dan tenaga medis dapat membantu kamu untuk memutuskan metode kontrasepsi yang tepat untuk kamu gunakan.


: Spotting pada saat menggunakan Pil KB, perlukah khawatir?

: Spotting, dapat terjadi karena berbagai alasan, namun kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan mengurangi banyak darah. Konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter atau Bidan apabila kondisi berlanjut selama lebih dari tiga bulan.


: Pil KB Dapat Menyebabkan Kanker?

: Tidak. Beberapa perempuan mungkin mengalami pembekuan darah ketika menggunakan Pil KB (tetapi, risiko pembekuan darah saat minum Pil KB jauh lebih rendah daripada risiko mengalami pembekuan darah pada saat hamil).


: Sulit untuk mengingat kapan harus mengonsumsi Pil KB?

: Yang perlu dilakukan adalah menginstal alarm sebagai pengingat setiap hari, atau aplikasi pengingat kontrasepsi.


: Merasa mual dan pusing setelah mengonsumsi Pil KB?

: Konsumsi pada malam hari sebelum tidur, atau pilih Pil KB yang memiliki kandungan estrogen rendah.


QUICK FACTS

Melindungi dari Infeksi Menular Seksual dan HIV-AIDS, terjangkau dan tidak memerlukan resep dokter



Tingkat Efektifitas

99% efektif mencegah kehamilan jika digunakan secara teratur dan disiplin



Efek Samping

Pusing dan spotting



#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: