Suntikan KB


alat kontrasepsi

Suntikan KB, sama seperti namanya, metode kontrasepsi ini akan mencegah kehamilan yang pemberiannya dengan cara disuntikkan. Suntikan KB terdiri dari empat macam jenis: 3 bulan 3 ml mengandung hormon progestin; Suntikan KB 3 bulan 1 ml dengan kandungan hormon progestin; Suntikan KB mengandung hormon kombinasi estrogen dan progestin yaitu Suntikan KB 1 bulan 0.5 ml dan Suntikan KB Harmonis. Hormon bekerja dengan cara mencegah ovarium untuk melepaskan sel telur dan menebalkan dinding rahim sehingga melindungi dari kehamilan.

Praktis, aman dan efektif.

No (pregnancy) worries

Jika kamu adalah tipe orang yang akan mengalami kesulitan mengingat untuk mengkonsumsi Pil KB setiap hari, mungkin Suntikan KB dapat menjadi pilihan. Cukup dengan melakukan Suntikan KB setiap 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali (tergantung metode Suntikan KB yang dipakai) dengan bantuan Bidan ataupun Dokter Kandungan, kamu dapat terbebas dari Kehamilan.

Namun, bagi yang takut dengan jarum, Suntikan KB mungkin bukan metode kontrasepsi yang tepat untukmu. Di Indonesia, Suntikan KB saat ini menjadi metode kontrasepsi nomor 1 yang terfavorit digunakan oleh perempuan Indonesia untuk mencegah kehamilan.
Cara Menggunakan
Tidak banyak yang perlu dilakukan ketika kamu menggunakan Suntikan KB. Cukup dengan mengunjungi Bidan atau Dokter Kandungan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan secara teratur untuk mendapatkan Suntikan KB.

Pastikan untuk mendiskusikan dengan tenaga medis mengenai waktu dan jadwal yang cocok bagi kamu untuk mendapatkan Suntikan KB, karena kedisiplinan waktu pada saat Suntikan KB menentukan efektivitasnya dalam mencegah kehamilan.

Jika terlambat lebih dari dua minggu untuk melakukan Suntikan KB, perlu dilakukan tes kehamilan terlebih dahulu sebelum mendapatkan kembali Suntikan KB. Spotting mungkin dapat terjadi pada dua atau tiga kali periode menstruasi setelah pemakaian Suntikan KB, namun hal ini normal.
Pendarahan pada saat menstruasi.

Positif Vs. Negatif Setiap metode kontrasepsi memiliki hal positif dan negatif yang berbeda-beda. Dan pengalaman yang dialami orang ketika menggunakan kontrasepsi akan berbeda dengan pengalaman orang lain. Jadi, apa yang kamu alami belum tentu sama dengan teman kamu lainnya.
POSITIF NEGATIF
Praktis dan mudah digunakan Menstruasi tidak teratur terutama pada 6 hingga 12 bulan setelah pemakaian Suntikan KB
Privasi terjaga Beberapa perempuan mungkin akan mengalami peningkatan nafsu makan pada satu tahun pertama pemakaian Suntikan KB
Tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya setiap hari
Sangat efektif mencegah kehamilan jika Suntikan KB dilakukan tepat waktu

: Kontrasepsi mempengaruhi mood?

: Jika kamu merasa bahwa menggunakan kontrasepsi dapat mempengaruhi mood, saatnya kamu berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter Kandungan. Respon setiap orang terhadap metode kontrasepsi berbeda-beda, dan tenaga medis dapat membantu kamu untuk memutuskan metode kontrasepsi yang tepat untuk kamu gunakan.


: Spotting pada saat menggunakan Suntikan KB, perlukah khawatir?

: Spotting, dapat terjadi karena berbagai alasan, namun kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan mengurangi banyak darah. Konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter atau Bidan apabila kondisi berlanjut selama lebih dari tiga bulan.


: Pusing pada saat menggunakan Suntikan KB?

: Pusing merupakan efek samping yang jarang terjadi ketika menggunakan Suntikan KB. Apabila pusing semakin tidak tertahankan, segera konsultasikan dengan dokter.


QUICK FACTS

Praktis dengan perlindungan dari 1 hingga 3 bulan.



Tingkat Efektifitas

99% efektif mencegah kehamilan jika digunakan secara teratur



Efek Samping

Pendarahan pada saat menstruasi.



#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: